Warung Prancis sebagai salah satu lini layanan di UPT Perpustakaan Unsoed pada tanggal 04-05 November 2019 menyelenggarakan Tes DELF. Tes DELF  ini terselenggara atas kerjasama Warung Prancis UNSOED dengan salah satu InstitusiPrancis yaituIFI (Institut Francais Indonesia) Cabang Yogyakarta.Institut Prancis di Indonesia (IFI), merupakanhasil penggabungan Bagian Kerja Sama dan Kebudayaan (SCAC) Kedutaan Besar Prancis dan pusat-pusat kebudayaan Prancis (CCF) di Indonesia, merupakan badan yang melaksanakan seluruh aksi kerja sama budaya antara Prancis dan Indonesia.Tes DELF merupakan ujian untuk mendapatkan sertifikat DELF (Ijazah Kemampuan Bahasa Prancis).Sertifikat DELF adalah ijazah resmi yang diterbitkan dan dijamin oleh CIEP (Pusat Internasional Studi Pedagogi), lembaga sertifikasi kompetensi bahasa Prancis untuk orang asing non frankofon yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Prancis. Ijazah DELFmenawarkan banyak manfaat:
  1. Pengakuan internasional di 165 negara.
  2. Mobilitas akademik. DELF B2 merupakan salah satu syarat utama untuk mendaftar di perguruan tinggi Prancis.
  3. Mobilitas profesional. Ijazah DELF adalah surat pernyataan resmi mengenai kompetensi kebahasaan Anda di dunia kerja dan dengan begitu, Anda memiliki jangkauan karir yang luas di negara-negara frankofon (negara-negara berbahasa Prancis).
  4. Pengakuan jangka panjang karena berlaku seumur hidup.
Warung Prancis UPT Perpustakaan UNSOED pada kegiatan ini hanya bertindak sebagai tempat penyelenggaraan ujianDELF. Tes diikuti oleh oleh 2 kelompok yaitu DELF Scolaire dan DELFTout Public.DELF Scolaire ditujukan bagi para pelajar SMP-SMA. Namun, penyelenggaraannya dilakukan dalam kerangka kerja sama antara Institut Français atau Alliance Française dengan institusi pendidikan di Indonesia.DELF Scolaire diikuti oleh 37 siswa dari SMA N 4 Purwokerto. DELF Tour Public ditujukan untuk publik umum non frankofon yang ingin mengesahkan kemampuan bahasa Prancis untuk keperluan pribadi, profesional, maupun akademis.DELF Tour Public diikuti oleh 5 peserta.[arih]
Translate »