Repository adalah satu bentuk layanan yang ditawarkan oleh UPT Perpustakaan Unsoed kepada para pengguna. Repository Unsoed berperan melaksanakan fungsi layanan perpustakaan yang mencakup kegiatan menghimpun, mengelola, dan menyebarluaskan serta melestarikan hasil karya ilmiah dalam bentuk digital secara efektif dan efisien kepada pemustaka dengan cara penggunaan teknologi jaringan komputer. Berbagai macam jenis koleksi dapat diunggah ke dalam repository seperti skripsi, thesis, disertasi dan artikel.
Agar pengelolaan repository Unsoed dapat dilaksanakan dengan baik, UPT Perpustakaan Unsoed pada tanggal 8 Februari 2022 mengadakan Training of Trainer (ToT) Pengelolaan Reporitory yang berlangsung di ruang rapat lantai 1 UPT Perpustakaan Unsoed. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah agar ada persamaan persepsi bagi para pustakawan yang bertugas mengelola repository Unsoed baik dalam bidang yang terkait dengan masalah teknis atau sistem dan juga pada saat melakukan proses review tugas akhir hasil unggah mandiri mahasiswa. Hal tersebut sangat perlu dilakukan agar setelah dilakukan review tidak ada perbedaan format isi tugas akhir yang diunggah oleh mahasiswa ke dalam repository.
Materi ToT pengelolaan repository yang disampaikan meliputi:
1. Tahap dan proses pembuatan akun unggah mandiri
2. Editing file pdf yang akan diunggah ke repository
3. Review unggah mandiri tugas akhir mahasiswa
4. Tahap revisi unggah mandiri
Disamping itu dengan adanya kegiatan tersebut juga diharapkan para pustakawan dapat melakukan atau memberikan bimbingan kepada para mahasiswa yang mengalami kesulitan ketika akan melakukan unggah mandiri tugas akhir. Bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan melakukan unggah mandiri tugas akhir, UPT Perpustakaan Unsoed berencana akan membuka kelas bimbingan unggah mandiri. Adapun jadwal pelaksanaan akan diinformasikan lebih lanjut melalui website dan soslal media yang ada.
Training of Trainer (ToT) Pengelolaan Reporitory Unsoed diikuti oleh 6 orang pustakawan yang ada di UPT Pepustakaan Unsoed dengan narasumber dari pustakawan yaitu Aris Kurniawan, S.Hum dan Fathu Rahman Rosyidi, S.IP, yang bertugas dalam bidang pengembangan teknologi informasi UPT Perpustakaan Unsoed. [SW]