Sosialisasi Layanan E Journal UPT Perpustakaan Unsoed

[perpus.unsoed.ac.id] Rabu 30 Agustus 2017 UPT Perpustakaan Unsoed melakukan sosialisasi E-Journal yang dilanggan sendiri maupun yang dilanggan oleh Kemenristek Dikti. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Lantai I UPT Perpustakaan dimulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIB.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof.Dr.Ir. Mas Yedi Sumaryadi, MS. dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan sosialisasi tersebut. WR I juga menyampaikan bahwa pada akhir tahun ini akan dilakukan evaluasi berapa persen civitas akademik Unsoed yang mengakses e-journal yg dilanggan ini baik dari Ebsco, Springer maupun ProQuest. Pada akhir sambutannya WR I berharap jurnal yang telah dilanggan dapat digunakan secara optimal dan mampu memberikan kontribusi dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya cara yang dapat dilakukan adalah pemberian tugas tersrtruktur kepada mahasiswa yang diwajibkan menggunakan sumber referensi dari e-juornal.

Hadir sebagai narasumber Dwi Janto Suandaru (ProQuest), Erlan Firmansyah (Buqu), (Springer Natural). Erik Junikon (Ebsco), serta Bagaskara Handoko. Materi yang disampaikan tentang bagaimana mengakses/menggunakan masing-masing e-journal yg dilanggan Unsoed dari ProQuest, Springer, dan Ebsco. Pada kesempatan narasumber dari springer juga menyampaikan, bahwa pihaknya dapat memfasilitasi penerbitan jurnal, e-book, serta terbitan lainnya. Sedangkan Buqu menyampaikan tentang pengenalan e-book dari penerbit Indonesia.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara sosialisasi tersebut, yaitu dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber, tentang bagaimana untuk dapat menerbitkan jurnal, dan e-book, serta bagaimana mengatur strategi penelusuran agar didapatkan hasil yang tepat. (JP&Akur)