Workshop Online Peningkatan Skill Pustakawan Dalam Menghadapi Tatanan Normal Baru adalah kegiatan workshop berbasis web yang diselenggarakan oleh UPT Perpustakaan Unsoed bekerjasama dengan PDDI LIPI. Kegiatan ini diawali Sambutan Kepala PDDI-LIPI Hendro Subagyo,M.Eng. dilanjutkan dengan Sambutan dan pembukaan acara oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Achmad Sodiq, M.Sc., Agr. Dalam sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan bahwa kita beradaptasi dengan hal baru untuk memiliki kemahiran yang sesuai dengan situasi sekarang, agar perpustakaan tetep dipercaya sebagai sumber informasi yang penting bagi pemustaka. Selain itu peningkatan/pengembangan TIK adalah hal yang fundamental di perpustakaan dengan tetap memperhatikan Afeksi pelayanan dan bersifat menyempurnakan layanan.

Pemateri pertama dalam workshop adalah Djoko Prasetyo, S.Sos., M.IP. (Kepala Perpustakaan Unsoed) yang menyampaikan materi berjudul Skill Pustakawan Dalam Tatanan Baru. Dalam paparan materinya mengulas tentang tantangan pustakawan dan perlunya pustakawan yang responsif untuk menyikapi perubahan/perkembangan global. Pemateri kedua Dra. Labibah Zain, MLS (Dosen Ilmu Perpustakaan dan Informasi/Kepala Perpustakaan UIN SUKA) menyampaikan materi berjudul Skill Pustakawan Di Masa Pandemi (Sebuah Refleksi). Dalam materinya disampaikan tentang perlunya Pustakawan memiliki skill yang dibutuhkan selama dan sesudah masa pandemic, serta skills yang dibutuhkan untuk menghadapi tatanan normal baru. Pemateri ketiga Rahmadani Ningsih Maha, S.S., M.Hum (Koordinator Perpustakaan PDDI LIPI) menyampikan materi berjudul Strategi Peningkatan Skill Pustakawan di Lembaga Riset. Materi tersebut mengulas tentang Kompetensi pustakawan yang merupakan perpaduan hardskill ( profesionalitas), softskill (ketrampilan personal dan interpersonal), spritual skill ( keikhlasan dalam bekerja).

Acara dipandu oleh moderator Rizki Februansyah , S.S., MA., dengan kuota peserta zoom 500 disertai live pada youtube. Peserta senantiasa menyimak dari awal sampai akhir, hal tersebut Nampak dari pantuan attendee yang selalu penuh. Pada sesi pertanyaan Moderator membacakan 7 pertanyaan dan langsung dijawab oleh pemateri. Workshop online tersebut berjalan dengan lancar dan berkahir pada pukul 13.00 WIB. [akur]

Translate »