[perpus.unsoed.ac.id] Jabatan fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang PNS dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian atau keterampilan tertentu.  Dalam pengembangan karier jabatan fungsional salah satu syarat yang harus dipenuhi atau ditempuh adalah dengan cara mengumpulkan angka kredit sesuai dengan butir kegiatan yang ada pada tiap jabatan fungsional.   Pustakawan sebagai salah satu jenis jabatan fungsional yang ada juga mewajibkan pengumpulaan angka kredit ketika akan mengajukan kenaikan pangkat dan atau jabatan.

UPT Perpustakaan Unsoed merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah memiliki tim penilai angka kredit jabatan fungsional pustakawan.  Selain melakukan penilaian angka kredit bagi jabatan fungsional pustakawan di lingkungan Unsoed, tim juga melakukan penilaian angka kredit bagi para pustakawan yang berasal dari perguruan tinggi di sekitar Purwokerto yang belum memiliki tim penilai angka kredit pustakawan sendiri. Dalam melakukan penilaian, agar terdapat persamaan persepsi antar anggota tim penilai sesuai dengan butir kegiatan yang ada pada tiap kelas jabatan fungsional pustakawan seperti yang tertuang pada Permenpan No 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya.  Sehingga tim penilai diharapkan dapat melakukan penilaian dan penetapan angka kredit yang diajukan oleh pustakawan dengan benar. Selain itu untuk membantu para pustakawan agar dapat melakukan penyusunan daftar usul penetapan angka kredit (DUPAK) dengan baik sesuai dengan juknis yang ada, maka UPT Perpustakaan Unsoed mengadakan kegiatan Workshop Penyusunan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Pustakawan.   Workshop tersebut dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 15 Februari bertempat di ruang rapat lantai 1 UPT Perpustkaan Unsoed.

Peserta workshop adalah semua pustakawan yang ada di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman sebanyak 25 orang.  Sebanyak 9 orang pustakawan berasal dari UPT Pepustakaan Unsoed sedangkan 16 pustakawan berasal dari seluruh Pusat Informasi Ilmiah (PII) fakultas di lingkungan Unsoed. Worshop dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Agr selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Unsoed.  Adapun narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Ibu Dra. Subeti Makdriani Pustakawan Ahli Utama dari Direktorat Deposit dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan PERPUSNAS RI. (SW)