Badan Standardisasi Nasional (BSN) adalah merupakan lembaga pemerintah non-kementerian yang ada di Indonesia dengan tugas pokok membantu Presiden dalam menyelenggarakan pengembangan dan pembinaan di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. Dimana yang dimaksud dengan standardisasi adalah metrologi teknik, standar, pengujian dan mutu. Sedangkan SNI Corner itu sendiri merupakan outlet informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian, yang menyediakan informasi terpadu satu pintu baik dalam bentuk dokumen fisik maupun melalui aplikasi PORTAL SNI. SNI Corner memiliki misi khusus yaitu pengembangan budaya, kompetensi, serta informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK) dalam kerangka peningkatan mutu dan daya saing bangsa.

Universitas Jenderal Soedirman merupakan salah satu perguruan tinggi yang bekerjasama dengan BSN dalam pendirian SNI Corner yang berada/ditempatkan di UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemberdayaan SNI Corner yang telah ada dan agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh civitas akademina, maka UPT Perpustakaan Unseoed bekerjasama dengan Biro Humas, Kerjasama dan Layanan Informasi BSN mengadakan literasi informasi terkait Sistem Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK), Sumber Informasi SPK dan SNI Corner. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 5 Juli 2022 di ruang rapat lantai I Gedung UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman yang dihadiri oleh para Kepala Program Studi (Kaprodi) di lingkungan fakultas SAINTEK dan para pustakawan di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman. Sebagai narasumber pada literasi informasi Sistem Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK), Sumber Informasi SPK dan SNI Corner tersebut adalah Zul Amri, ST (Kepala Biro Humas,Kerjasama dan Layanan Informasi BSN) dan Minanuddin, M.Hum (Pustakawan Ahli Madya)

Pada acara tersebut antara lain membahas tentang pentingnya pengetahuan tentang standar bagi para pustakawan sehingga dapat memberikan informasi yang baik terhadap pemustaka yang memerlukan dokumen SNI untuk menunjang kegiatannya. Disamping itu juga pemanfaatan pengetahuan tentang standar bagi pada dosen sebagai bagian dari bahan ajar yang akan diberikan pada mata kuliah yang memerlukan pengetahuan atau dokumen SNI.

Dengan diadakannya literasi informasi ini diharapkan keberadaan SNI Corner yang ada di UPT Perpustakaan dapat diakses dan dimanfaatkan secara maksimal oleh civitas akademika dan dapat membantu pemustaka yang membutuhkan informasi tentang standar mutu untuk tiap jenis jasa/produk yang berlaku di Indonesia seperti yang telah diterapkam oleh BSN. [swn]