Perpustakaan merupakan salah satu unit kerja yang ada  dalam strukur organisasi suatu perguruan tinggi dan berfungsi sebagai unit penunjang dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang meliputi kegiatan pendidikan, penelitan dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan mempunyai tugas dan fungsi untuk  menyediakan sumber informasi atau sebagai pusat informasi ilmiah yang dibutuhkan oleh seluruh civitas akademika. Untuk dapat meningkatkan kualitas layanan yang maksimal kepada pemustaka dibutuhkan sumberdaya manusia yang unggul baik dari segi sikap, kompetensi dan citra diri.  Petugas perpustakaan dan pustakawan merupakan ujung tombak layanan yang akan menampilkan citra layanan di perpustakaan oleh karena itu harus dapat menampilkan citra diri yang kuat agar citra layanan di perpustakaan juga baik di mata pemustaka.  Untuk dapat memiliki citra diri yang kuat diperlukan langkah-langkah atau strategi yang perlu dilakukan untuk membangun atau membranding diri. Personal branding adalah sebuah strategi untuk membangun citra diri yang kuat di tengah masyarakat. Personal branding dapat diartikan sebagai upaya seorang individu dalam mempromosikan atau memasarkan pengalaman, karier, dan juga dirinya sendiri sebagai merek.

Guna membantu para pegawai di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman pada umumnya dan para petugas perpustakaan serta para pustakawan, UPT Perpustakaan Unsoed menyelenggarakan Seminar dengan tema Personal Branding yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2022 di Lantai 1 Gedung UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman.  Seminar Personal Branding diisi oleh 2 (dua) orang pembicara yaitu Amirul Ulum, S.Sos.,M.IP. Direktur Perpustakaan Universitas Surabaya dan Hermawan Prasojo,. SH.,MH. Analisi Hukum Ahli Muda Universitas Jenderal Soedirman.

Seminar dibuka oleh Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir. Akhmad Sodiq.,MSc.Agr dan dihadiri oleh undangan yang terdiri dari pustakawan, petugas perpustakaan, tenaga kependidikan, tenaga fungsional non dosen di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman serta peserta dari perpustakaan dari perguruan tinggi lain di luar Univeritas Jenderal Soedirman.

Dengan dilaksanakan nya seminar ini diharapkan para pegawai akan memiliki pengetahuan tentang personal branding dan mampu untuk membuat atau mengembangkan citra diri atau memiliki branid yang positif.  Hal tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh suatu lembaga ata institusi karena dapat menunjang atau meningkatkan instritusional branding. [swy]